Cara Ibadah Efektif di Rumah?

Published by admin on

Gimana Cara Ibadah di Rumah Efektif dan Minim Kendala?

    Dalam menghadapi pandemi Covid19 yang kini sudah menyebar luas dan penyebarannya sangat mudah juga sangat membahayakan jika tidak di tangani dengan baik akan berdampak lebih besar dan lebih fatal dari sekarang yang sudah terjadi. Maka dari itu kita harus mendengarkan himbauan pemerintah pusat dalam menangani pandemi yang sedang terjadi dan wujud nyata dalam menjalankannya sebagian besar gereja mengambil keputusan untuk melakukan ibadah bersama keluarga di rumah jemaat masing-masing termasuk gereja kita GKI BINTARO JAKARTA.
    Kita sudah melakukan ibadah bersama keluarga dirumah selama 2 minggu dan akan diperpanjang selama bulan april ini dan belum dapat di pastikan kapan kita kembali melakukan ibadah tatap muka di gedung gereja. Selama kita melakukan ibadah dirumah beberapa dari kita pasti mengalami kendala dalam melakukan ibadah sehingga ibadah kurang khusyuk.
    Disini kita akan belajar bagaimana agar ibadah kita dapat berjalan dengan baik dan minim dari kendala-kendala teknis sehingga ibadah berjalan lebih khusyuk. Mari kita simak tips-tips dibawah ini

1. Download liturgi dan video khotbah
      Untuk mendownload liturgi setiap minggunya sudah tersedia di website di bagian news. Sedangkan untuk menghemat kuota dibanding dengan real-time streaming yang lebih banyak menggunakan kuota, sangat dianjurkan untuk mendownload video kotbah. Berikut ini cara mendownload video khotbah
    1. Pertama buka beranda gkibintaro.org dan klik share pada video khotbah


    2. Klik tautan yang muncul


    3. Akan terbuka halaman youtube dan perhatikan address barnya


    4. Tambahkan “ss” setelah “www.” atau sebelum “youtube”
      Sebelum:

      Sesudah:


      Setelah itu tekan “ENTER”

    5. Akan terbuka halaman download, klik tombol download dan download akan dimulai atau pilih kualitas disamping kanan tepat tombol download untuk mengubah kualitas video untuk memperkecil ukuran download


    6. Jika muncul halaman seperti ini, klik tombol tiga titik kemudian klik download dan proses download akan dimulai


  1. Persiapkan ibadah sepenuh hati

        Setelah mendownload keperluan ibadah dirumah maka sebelum ibadah dimulai kiranya kita masing-masing menghayati bahwa ibadah yang dilakukan di rumah sama saja dengan yang kita lakukan di gedung gereja yang kini tidak memungkinkan dilakukan. Maka dari itu kita perlu menyiapkan hati kita untuk beribadah dan memuji, serta memuliakan Tuhan. Kita kitanya menggunakan pakaian yang layak serta posisi yang layak untuk melakukan ibadah.

  2. Siapkan keperluan ibadah

        Selanjutnya agar ibadah berjalan dengan lancar kiranya kita sudah mempersiapkan segala kebutuhan ibadah agar kita tidak bingung untuk menyiapkan saat ibadah berlangsung sehingga mengurangi kekhusyukan beribadah kepada Tuhan. Apa saja yang harus disiapkan?
    i.   Alkitab
    ii.  Alat musik
    iii. Kantong persembahan/sejenisnya
    iv. Liturgi cetak/digital(Jika tidak memungkinkan)
    v.  Video Khotbah offline(Sudah di Download)
    vi.  Speaker (Bluetooth/kabel)(Jika ada)

  3. Aktifkan mode pesawat handphone

        Ya mengaktifkan mode pesawat sangat disarankan saat ibadah sedang berjalan, untuk mengatasi gangguan-gangguan yang berasal dari luar yang mengganggu konsentrasi saat ibadah berlangsung. Karena beberapa dari kita pasti menggunakan alkitab digital ataupun liturgi digital dimana jika ada notifikasi masuk pasti akan mengganggu konsentrasi. Seharusnya koneksi internet sudah tidak dibutuhkan saat ibadah berlangsung karena sebelumnya video khotbah dan liturgi sudah di download.

  4. Bagaimana jika menggunakan TV untuk mendengar khotbah?

        Menggunakan telivisi untuk melihat khotbah dari youtube tidak di sarankan, karena rentan terjadi buffering jika internet tidak stabil dan banyak masalah teknis jika terjadi gangguan jaringan. Jika televisi sudah mendukung “usb flashdisk” lebih disarankan mendownload dan menggunakan “usb flashdisk” kemudian di hubungkan ke televisi. Alternatif lain jika ingin menggunakan handphone (offline + downloaded) untuk ditampilkan di telisi dengan miracast atau screen mirroring menggunakan perangkat tambahan dan video tutorial dibawah ini


  5. Ibadah siap dimulai
        Ya setelah semua sudah siap maka ibadah keluarga sudah siap untuk di laksanakan. Selamat Beribadah. Tuhan Yesus memberkati.
Categories: News

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *